Cerita dari Tempat Dinasku: Pegawai Lapangan Harus Apa?

Gambar sampul Cerita dari Tempat Dinasku: Pegawai Lapangan Harus Apa?

Panas yang menyengat, hujan deras, aduan langsung masyarakat, mood yang selalu up and down, belum lagi tuntutan untuk selalu tertib administrasi untuk urusan nasib sendiri sudah menjadi makanan sehari-hari bagi pegawai pemerintah yang mengemban tugasnya di lapangan. Berbeda dengan ASN kebanyakan yang bekerja didalam ruangan, menjadi pegawai lapangan perlu sedikit treatment agar pekerjaan yang kita emban tetap berjalan dengan lancar. Ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi rekan ASN diseluruh Indonesia khususnya bagi tenaga fungsional yang setiap minggunya harus meluangkan waktu untuk terjun kelapangan:

1. Pastikan tubuh sehat dan bugar

Bekerja diluar ruangan menuntut kita untuk tahan dalam berbagai kondisi cuaca. Satu tahun belakangan, Indonesia diterpa cuaca ekstrim mulai dari El Nino hingga La Nina diawal tahun 2024 ini. Tidak jarang banyak sekali rekan kerja ataupun kita sendiri sering demam, flu atau bahkan migrain. Hal ini memicu penurunan produktivitas kerja hingga ke tingkat organisasi. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan membiasakan diri untuk rutin berolahraga. Sedikit bercerita dari tempat kerjaku, untuk menjaga tubuh agar tetap fit, rekan kerja sekantor berinisiatif membentuk sebuah club bulu tangkis. Terjadwal seminggu sekali diluar jam dinas, harapannya club ini bisa menjadi wadah bagi para pegawai untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Cara lain adalah dengan melakukan senam bersama setiap hari Jum'at pagi. Cukup klasik tapi cara ini cukup efektif.

2. Perhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh

Pekerja lapangan sedikit banyak mengetahui tempat strategis untuk makan enak dengan harga terjangkau. Tidak jarang dalam satu kantor selalu ada acara rutin makan bersama untuk menambah keakraban. Asal memasukkan makanan kedalam tubuh perlu diwaspadai bagi pegawai lapangan. Pastikan makanan yang kita makan mengandung cukup vitamin, serat, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih. Membawa tumblr saat kunjungan lapangan tidak masalah lho!

3. Catat jadwal secara terstruktur

Kunjungan lapangan dan tepat waktu adalah salah satu tuntutan yang wajib dilakukan oleh pekerja di lapangan. Catat jadwalmu di gadget yang sering kamu bawa kemana - mana. Pastikan sisipkan catatan mengenai barang - barang apa saja yang akan kamu bawa. Jika perlu, aktifkan alarm pada jadwal kunjungan lapanganmu. 

4. Luangkan waktu untuk menikmati suasana sekitar

Satu tips jitu dari senior yang saya dapat saat bekerja sebagai pegawai lapangan adalah menikmati lingkungan tempat kerja kita. Maksudnya adalah, ketika kita harus melakukan kunjungan disuatu tempat yang belum pernah kita datangi, carilah objek yang membuat kita kagum, lalu abadikan diponsel kita. Hal ini bisa dengan memotret pemandangan yang indah, mencatat alamat tempat makan enak dan murah, mencatat nama dan nomor HP seseorang yang menawarkan jasa tertentu, dan lain - lain.

5. Luangkan waktu untuk bersosialisasi

Pegawai lapangan tidak selalu ekstrovert. Banyak juga dari mereka yang introvert lho. Bersosialisasi didunia kerja bagi seorang pegawai lapangan introvert cukup melelahkan. Tidak jarang energi terkuras habis saat bertemu dengan masyarakat, sehingga rentan mengalami kelelahan secara psikis. Pandai berkomunikasi menjadi kunci utama takkala kita bekerja dilapangan. Orang yang kita jumpai sangat banyak dengan berbagai macam karakter. Kenali, pahami dan pelajari. Tidak sebatas pada rekan seprofesi saja, bersosialisasi dengan masyarakat sasaran kita menjadi penting. Pilihlah komunikasi yang cocok dengan lawan bicara. Perbanyak relasi karena ini penting untuk mengasah kemampuan kita berkomunikasi di lapangan.

 

Itu tadi 5 tips yang bisa diterapkan bagi pegawai lapangan atau bagi ASN yang sering kunjungan kelapangan. Semoga bermanfaat.

Bagikan :