ASN Fest 2024, Ketika Yang Muda Yang Berkarya Bagi IKN Nusantara

Gambar sampul ASN Fest 2024, Ketika Yang Muda Yang Berkarya Bagi IKN Nusantara

Gelaran ASN Fest 2024 mendulang antusiasme tinggi dan partisipasi nyata para ASN muda bagi bangsa dan negara. Respons publik sangat positif dan energik. Terbukti dari antusiasme publik yang datang baik secara langsung maupun secara daring. Ratusan pengunjung datang ke gedung berstatus cagar budaya yang dimiliki kantor berita Antara, tempat ASN Fest dihelat.

Dihelat pada akhir pekan di minggu pertama bulan peringatan proklamasi di negara kita, yaitu bulan Agustus di Tahun 2024 ini. Acaranya cukup berbobot, edukatif dan mencerahkan disertai sisi hiburan yang berisi. Acara ASN Fest digelar setiap tahun oleh komunitas abdi muda. Namun berbeda dengan tema di tahun-tahun sebelumnya, kali ini cukup spesial, karena ASN Fest mengusung tajuk "Gerakan Bangun Nusantara". Topik yang cukup "seksi" di karena menuai pro-kontra para birokrat muda, akademisi dan masyarakat luas menyoal perpindahan ibukota negara ke IKN.

Dari histori namanya saja, ASN Festival atau ASN Fest sudah cukup menarik diulik. Ternyata acara festival ini tidak secara eksklusif "hanya" dihadiri para pegawai negeri yang notabene penyandang NIP, golongan ruang dan pangkat jabatan pada instansi. Justru, tidak sedikit masyarakat umum maupun mahasiswa/mahasiswi hadir di gelaran ASN Fest 2024 yang digelar di Antara Heritage Center, Jakarta Pusat. Lalu hadir para pemerhati lingkungan, akademisi maupun para perintis usaha startup. Disamping para ASN yang hadir, gelaran acara ASN Fest juga dihadiri para pegiat lembaga think tank yang siap berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Sontak, gedung Antara Heritage Center pun menjadi spot favorit para ASN dan para pengunjung di lokasi. Ya tentu untuk diunggah dan dijadikan cerita media sosial mereka masing-masing. Bangunan estetik milik Kantor Berita Antara yang didominasi warna putih dengan aksen klasik natural yang belum lama ini dipugar dan diresmikan.

Menyoal acara ASN Fest sudah bisa dikatakan sukses besar. Selain dihadiri para panelis dan narasumber undangan yang mumpuni di bidangnya, aspirasi publik pun ditangkap dengan responsif pada event ini. Banyak unek-unek, pertanyaan, masukan dan rekomendasi beredar di acara ini secara interaktif. Para narasumber dan panelis acara yang hadir cukup representatif dari sisi pemerintah. Mulai dari perwakilan Kantor Staf Presiden RI, Kantor Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian PAN-RB. Tidak ketinggalan hadir pula lembaga pengamat kebijakan publik Nex Policy yang notabene bukan pihak plat merah. Hadir pula Gerbangtara sebagai Gerakan Membangun Nusantara (Gerbangtara) yang didominasi kalangan muda. Tak ketinggalan pula lembaga Think Policy yang secara kontributif ikut ambil bagian dalam paradigma pemindahan IKN Nusantara.

Paling tidak, kita bisa melihat miniatur Ibu Kota Nusantara yang hadir di Antara Heritage Center yang coba memfasilitasi kalangan muda dalam pembangunan bangsa dan negara. Maklum selama ini terbentuk kesan bahwa kalangan muda seringkali merasa kurang dilibatkan dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya dalam isu perpindahan dan pengembangan IKN. Namun ASN Fest mencoba hadir untuk meredefinisi ulang apa kesan itu benar atau tidak.

Yang jelas, kami para abdi negara muda bukanlah "tukang stempel" kebijakan pemerintah yang selalu harus YES terhadap suatu kebijakan publik. Para birokrat muda yang kritis, progresif, berpikiran maju dan paham konstitusi pasti akan bersuara lantang. Abdi muda, wadah para birokrat milenial sebagai penggagas ASN Fest juga mengambil langkah konkrit. Seperti penyerahan kajian policy brief yang langsung diserahkan kepada pihak pemerintah beserta para stakeholder.

Hujaman pertanyaan dan penyampaian tentang insentif, fasilitas dan tunjangan ASN yang pindah ke IKN juga menjadi isu yang dibahas. Bagaimana dengan keluarga dan sanak famili ASN kelak di IKN? Dan bagaimana tatanan hidup baru di IKN juga menjadi salah satu topik pembahasan.

Kemajuan infrastruktur, inovasi teknokogi dan keberlanjutan serta bagaimana arus investasi ke IKN juga cukup menyita perhatian publik. Yang jelas, pemerintah sudah menangkap aspirasi kami para penyandang NIP muda, setidaknya pada gelaran ASN Fest yang cukup menyita perhatian para PNS muda. Publik yang hadir langsung juga datang dari Bumi Borneo. Ada yang ikut urun bersuara menyampaikan unek-unek. Lalu ada juga yang menitipkan harapan bagi para pemangku kebijakan di IKN agar kelak IKN menjadi kota masa depan yang hijau, cerdas dan ramah lingkungan. Supaya tidak "kering" dan membosankan, ASN Fest 2024 pun "dibasahi" acara bernuansa edutainment seperti alunan musik dari band/penyanyi yang hadir. Standup comedy hingga pemutaran film.

ASN Fest 2024, suatu modal awal yang baik untuk bergandengan tangan bersama menuju Ibu Kota Nusantara. ASN muda dan Ibu Kota Nusantara menuju Indonesia Emas 2045.

Bagikan :