Simak ! IKN Nusantara dari Road Map Hingga Kesiapan Fisik dan Infrastruktur Terkini

Gambar sampul Simak ! IKN Nusantara dari Road Map Hingga Kesiapan Fisik dan Infrastruktur Terkini

Kita ingin mewujudkan kota cerdas dan modern berstandar internasional, menjadikan ikon urban desain sebagai representasi kemajuan bangsa yang unggul.” Ungkap Basuki Hadimuliono (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN (2024 – saat ini) disampaikan dalam Kuliah Umum Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 27 Agustus 2019

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi mega proyek Indonesia dalam beberapa tahun terakhir hingga 2045 mendatang. Untuk memperkenalkan pembangunan IKN, Otorita IKN pun melibatkan publik, penggiat sosial media dan influencer.

Juru Bicara Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Troy Harrold Yohanes Pantouw saat menjadi narasumber Kompasianival 2023 memperkenalkan IKN dengan mengambil topik  "Nusantara, Kota Dunia Cerdas & Hijau, Peradaban Baru Indonesia"

Bung Troy menyampaikan "bicara Indonesia maju berarti ada pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi. Ini sejalan dengan misi Indonesia Emas 2045 yang sudah direncanakan sejak lama" jelasnya di Bentara Budaya KG media, Pal Merah, Jakarta (25/11/2023).

Pengiat Sosial Media dan Influncer dalam sosialisasi pembangunan IKN
Saya (di tengah vest coklat), Penggiat Sosial Media, dan Influencer bersama Juru Bicara IKN, Troy Harrold Yohanes Pantouw I Sumber Foto : Otorita IKN

Penjelasan Bung Troy sejalan dengan yang disampaikan oleh Kepala Otorita IKN Nusantara (periode 2022-2024), Bambang Susantono saat penulis sebagai Kompasianer Of The Year 2022 di undang dalam acara Bincang Santai Penggiat Sosial Media dan Influencer mengenai Rencana Pengembangan IKN Nusantara.

"IKN Nusantara akan dibangun hingga 2045, anak muda menjadi titik tumpu dan pemilik. Warna dari IKN itu warna dari yang muda-muda” Harap, Bambang Susantono di Kantor Satelit Otorita IKN, Jakarta Selatan (29/11/2023).

Kedua acara tersebut yang melibatkan para penggiat literasi, penggiat sosial media dan influencer, dimana Otorita IKN memberikan gambaran perencanaan pembangunan IKN Nusantara hingga 2045.

Dijelaskan bahwa pembangunan IKN berpatokan pada delapan prinsip Ibu Kota Negara (IKN) ; (1) mendesain sesuai dengan kondisi alam lebih dari 75 % kawasan hijau, (2) Bhineka Tunggal Ika, (3) terhubung aktif dan mudah diakses, (4) rendah emisi karbon, (5) sirkuler dan tangguh, (6) aman dan terjangkau, (7) kenyaman dan efesiensi melalui teknologi, dan (8) peluang ekonomi untuk semua.

Juru Bicara Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Troy Harrold Yohanes Pantouw menyangkut fase pembangunan IKN Nusantara di acara Kompasianival 2023 I Sumber Foto : dokpri

Pengembangan  IKN Nusantara menjadi kota yang sesuai road map pembangunannya yang akan dikerjakan dalam 5 fase (tahap) hingga 2045 ;

  1. Fase pertama (2022-2024), transfer of priority government offices dengan populasi 260.000 penduduk.
  2. Fase kedua (2025-2029), strengthen Nusantara’s core areas (expend housing, office, and commercial zones).
  3. Fase ketiga (2030-2034), scale up education, health service sectors and high tech sectors.
  4. Fase keempat (2035-2039), complete construction off all major infrastructure bolster three-city ecosystem (Nusantara, Balikpapan, Samarinda).
  5. Fase kelima (2040-2045), consolidate reputition as “the world class city for all”

Dalam road map total luas area IKN seluas 256.142 hektar, ini akan 4 kali luas kota Jakarta. Pembangunan saat ini Otorita IKN lebih berfokus pada pembangunan secara fisik di pusat pemerintahan KIPP seluas 6.671 hektar.

Fase-fase pembagunan saat ini berkaitan dengan infrastruktur pemerintahan dan kebutuhan dasar kota. Nantinya populasi penduduk IKN tidak sebesar Jakarta, ditargetkan tidak lebih dari 2 juta jiwa saja.

IKN Nusantara diharapkan mejadi kota berkelanjutan di dunia, simbol identitas nasional, penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.

Dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI (6/6/2024), Bapak Basuki Hadimuljono membeberkan progres terkini pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Menteri PUPR menjelaskan berdasarkan status per Mei 2024, pembangunan proyek Instalasi Pengolahan Air (IPA) progres 95% yang diharapkan pada bulan Juli sudah bisa berfungsi di IKN.

Jaringan perpipaan transmisi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku paket 2 telah mencapai progres 95%. Sedangkan gedung Istana Negara dan lapangan upacara 69%, dan kantor Kementerian Koordinator progres 64%.

Untuk sektor perumahan, sebanyak 34 rumah tapak bagi para Menteri sudah berproses 91%. Hunian Paspampres 48 %, rusun Badan Intelijen Nasional (BIN) dan Polri mencapai 8%, rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) 53%.

Adapun dari 47 tower hunian untuk ASN, Polri dan Paspampres, sekitar 14 tower sudah tahap topping off, diperkirakan 12 agustus 2024 sudah dapat dioperasikan.

Sedangkan pengendalian banjir DAS Sanggai lanjutan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) telah mencapai progres 100%. Kemudian pembuatan 20 embung di KIPP dengan progres 96%.

Lalu, pembangunan jalan tol IKN yang berada di ruas 5A progres 85%. Kemudian, ruas 3B mencapai progres 83%, dan duplikasi Jembatan Pulau Balang bentang pendek dengan progres 74%.

Jalan feeder distrik di IKN dengan progres 73%, jalan akses menuju ke bandara progres 18%, jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat progres 15% dan sisi timur 10%.

Update dari IG @ikn.id keterangan Taufik, selaku HSE Project Istana Negara, menjelaskan lapangan upacara sudah siap untuk menunjang 17 agustus 2024 nanti.

Telah tersedia microcell pemancar 5G untuk mendukung pemancaran sinyal 5G di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan 1A pada tahap 1, mobile BTS sebagai infrastruktur penunjang sementara sinyal 5G yang sudah disipakan berbagai provider, dan Multi Utility Tunnel (MUT) yang menghubungkan berbagai layanan utilitas seperti air, listrik, dan telekomunikasi melalui bawah tanah.

Kita masyarakat harus bersabar dengan pembangunan mega proyek IKN Nusantara. Sesaat sebelum lepas landas menuju Uni Emirad Arab (UEA), Presiden RI, Joko Widodo, menegaskan bahwa progres keseluruhan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024 mendatang baru mencapai 15 persen.

Oleh karenanya, Bapak Presiden RI pun meminta berbagai pihak untuk tidak membayangkan IKN sudah selesai sepenuhnya pada hari itu, di mana upacara kemerdekaan tahun ini akan terselenggara di Istana Negara IKN Nusantara. (AM)

#IKNdanASN

 

Bagikan :