Policy Brief ASN Muda dan Ibu Kota Nusantara Diserahkan Secara Simbolik pada Rakor Kantor Staf Presiden

Gambar sampul Policy Brief ASN Muda dan Ibu Kota Nusantara Diserahkan Secara Simbolik pada Rakor Kantor Staf Presiden

Pada 26 September 2024, kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Presiden dengan tema "Skema Perpindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara" di Bogor, Jawa Barat, menjadi momen penting bagi ASN Muda. Pada kesempatan tersebut, Policy Brief ASN Muda dan Ibu Kota Nusantara diserahkan secara simbolikoleh Abdimuda Indonesia diwakili oleh Muhamad Affin Bahtiar kepada beberapa pihak penting, di antaranya Kepala Staf Presiden Moeldoko, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb), Otorita IKN, dan Kementerian Keuangan.

Policy Brief ini sebelumnya telah dibahas secara komprehensif pada kegiatan ASN Fest 2024, yang juga menjadi ajang diskusi strategis untuk menyuarakan kemajuan dan masa depan IKN. Melalui ASN Fest yang diadakan di Ibu Kota Nusantara, para ASN muda berpartisipasi aktif dalam merumuskan ide, aspirasi, dan solusi terkait perpindahan serta peran ASN di IKN. Acara tersebut dihadiri oleh para pemangku kepentingan yang mendukung transisi IKN sebagai pusat pemerintahan baru di Indonesia.

Dengan penyerahan Policy Brief ASN Muda dan Ibu Kota Nusantara, diharapkan ide-ide serta rekomendasi yang dihasilkan dapat menjadi masukan strategis dalam perencanaan dan implementasi skema perpindahan ASN ke IKN. Hal ini juga sejalan dengan visi besar pemerintah dalam mempercepat proses perpindahan dan adaptasi ASN di Ibu Kota Nusantara sebagai langkah penting menuju terwujudnya pemerintahan yang lebih efisien, inklusif, dan modern.

Dokumen ini mencerminkan komitmen kuat dari ASN muda untuk turut serta dalam pembangunan IKN dan memastikan keberlanjutan transformasi birokrasi yang adaptif terhadap perubahan di era digitalisasi dan desentralisasi pemerintahan.

Bagikan :