Pengembangan Talenta ASN : Pentingnya Pengembangan Talenta Bagi ASN

Gambar sampul Pengembangan Talenta ASN : Pentingnya Pengembangan Talenta Bagi ASN

Aparatur negara (ASN) adalah alat kelengkapan negara terutama meliputi bidang kelembagaan, ketatalaksanaan dan kepegawaian yang mempunyai tanggung jawab melaksanakan roda pemerintahan sehari hari. Oleh karena itu, ASN berperan penting dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. Untuk pemenuhan dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas maka perlu adanya pengembangan talenta bagi ASN. Hal tersebut merupakan upaya meningkatkan kemampuan ASN dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan secara efektif.

Pengembangan talenta merupakan proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan talenta atau bakat ASN agar tercapai sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Untuk mendukung hal tersebut maka terbitnya Peraturan Mentreri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB) No 3/2020 tentang manajemen talenta ASN menjadi pedoman atau rujukan bagi kementrian lembaga dan pemerintahan daerah dalam mengimplementasikan upaya akselerasi reformasi manajemen SDM aparatur di lingkungan instalsi masing-masing. Bentuk pengembangan ASN banyak berbagai macam, hal tersebut dapat berupa

  1. Akselerasi kader dilaksanakan melalui sekolah kader
  2. Pengembangan kompetensi talenta berupa pembelajaran didalam atau diluar kantor dapat berupa pelatihan.
  3. Peningkatan kualifikasi telenta dilaksanakan melalui tugas belajar.

Dengan pengembangan talenta tersebut diharapkan selain dapat meningkatkan pencapaian tujuan strategi pembangunan nasional dan peningkatan kualitas pelayanan publik juga dapat meningkatkan kualitas publik juga dapat meningkatkan profesionalisme, mewujukan rencana suksesi (succession planning) yang objekstif, terencana, terbuka, tepat waktu dan akuntabel sehingga dapat memperkuat dan mengakselerasi Sistem Merit pada Instansi Pemerintah.

 

 

Bagikan :