Pengembangan Talenta antar Generasi

Gambar sampul Pengembangan Talenta antar Generasi

Aparatur Sipil Negara atau yang biasa disingkat dengan istilah ASN terdiri atas PNS dan PPPK yang hingga kini pekerjaan sebagai ASN masih menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Kemajuan perkembangan zaman yang semakin pesat, kompleks dan beragam telah menjadikan tuntutan tersendiri bagi diri ASN. Arus teknologi yang tersedia telah melompati antar zaman dan antar generasi sehingga hal tersebut sedikit banyak telah dijadikan "beban" bagi ASN yang "usang" dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari. Hal tersebut mengakibatkan para ASN "muda" yang memiliki pengetahuan akan teknologi dilimpahkan berbagai pekerjaan yang bahkan tidak sesuai dengan tugas pokoknya sehari-hari.

Berbekal pengalaman dan ilmu pengetahuan, para ASN "muda" ini tidak menunjukkan keluhan dan bahkan dapat mengerjakan setiap pekerjaan yang membutuhkan talenta digital dengan agile, luwes dan tercapai sesuai target yang ditetapkan.

Oleh karena itu, berdasarkan dinamika yang acap kali terjadi di lapangan maka dibutuhkanlah sebuah sistem yang dapat mengarahkan dan membina para ASN "muda" ini agar dapat mengembangkan talentanya terutama yang berkaitan dalam bidang Teknologi Digital.

Pemerintah telah menunjukkan perannya dalam memberikan ruang belajar bagi ASN yang ingin mengembangkan potensi sesuai minat dan bakatnya dengan cara membuka dan menyediakan beasiswa yang seluas-luasnya terkhusus bagi ASN.

Adapun beberapa Beasiswa yang ditawarkan pemerintah diantaranya;

  1. Beasiswa LPDP (dalam Negeri/Luar Negeri)
  2. Beasiswa Kerjasama antara Negara Indonesia dan Kampus Luar Negeri
  3. Beasiswa Kerjasama antara Pemerintah Daerah dan Kampus terkait
  4. Beasiswa Kementerian/Badan/Lembaga Negara
  5. Beasiswa Gubernur
  6. Beasiswa Bupati
  7. Beasiswa Walikota
  8. Beasiswa dari Badan PBB
  9. Beragam Beasiswa lainnya yang disediakan Pemerintah

Selain itu, ada juga program Beasiswa khusus bagi ASN yang berada dalam wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang nantinya akan dirasakan manfaat luar biasa bagi daerah khusus tersebut.

Perihal yang telah disebutkan diatas merupakan suatu bentuk dari keseriusan pemerintah dalam upaya Pengembangan Talenta ASN "muda" yang hingga kini berdasarkan data statistik (BPS), para ASN di wilayah Indonesia telah banyak "dihuni" oleh para Generasi Millenial dan Zoomer (Y dan Z) yang memang dalam kesehariannya telah berkutat dengan pengaruh teknologi.

Harapan kedepan, selain adanya program Beasiswa seharusnya Pemerintah juga turut menyediakan berbagai infrastruktur yang mendukung akan kemajuan teknologi sehingga nantinya akan "lahir" generasi yang akan menggarap bidang 'Research dan Development' dan tentunya hal ini akan sejalan dengan cita-cita bangsa dalam mewujudkan Indonesia Maju Tahun 2045.

Bagikan :