Menulis Salah Satu Kunci Sukses Bagi Karier ASN

Gambar sampul Menulis Salah Satu Kunci Sukses Bagi Karier ASN

Tahukah kamu bahwa keterampilan menulis salah satu kunci sukses bagi karier ASN? Keterampilan menulis memainkan peran yang sangat penting bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kemampuan menulis yang baik memungkinkan ASN menghasilkan karya dalam bentuk tulisan, seperti membuat artikel di media online, Karya Tulis Ilmiah (KTI), buku dan lain-lain. Apalagi karya kita banyak dibaca orang, tentu kita akan dikenal khalayak, seperti yang diungkapkan oleh Armin Martajasa,"Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah,". Kutipan ini mengajak kita untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan melalui tulisan.

ASN tidak hanya dituntut untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya, tetapi juga memiliki keterampilan menulis. Di era teknologi informasi saat ini, menulis menjadi salah satu faktor penting. Memublikasikan kegiatan yang sedang kita lakukan dalam menjalankan tugas adalah bagian dari tanggung jawab seorang ASN. Melalui sebuah tulisan Anda bisa membangun persepsi dalam mendukung kegiatan pemerintah.

Belajar Menulis dan Hasil Karya

Belajar menulis itu perlu karena kita dapat memberikan informasi dan berbagi pengalaman yang bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Saya mulai suka artikel, KTI, dan buku pada masa pandemi COVID-19 dengan mengikuti berbagai pelatihan, kegiatan seperti pelatihan menullis bersama ASNation, Tempo Institute dan webinar serta pelatihan menulis lainnya. Banyak manfaat yang saya peroleh dengan mengikuti pelatihan penulisan tersebut. Sampai saat ini, saya telah menghasilkan 59 artikel, di media online, 7 buku yang saya tulis bersama penulis lain, dan 3 KTI yang saya tulis sendiri dan bersama orang lain. Saya masih terus belajar menulis, pada tahun 2023 yang lalu, saya mengikuti pelatihan Book Writing Camp dari Tinta Langit, InsyaAllah di tahun 2024 ini, buku saya akan terbit yang saya beri judul "Rahasia Menulis Artikel Bagi Pemula".

Teknik menulis perlu kita latih dengan cara antara lain, mengikuti pelatihan menulis, rajin membaca buku, dan konsisten dalam menulis. Menurut KBBI, menulis adalah proses menciptakan ide dan perasaan. Menurut Tarigan (2008), menulis diartikan sebagai ungkapan lambang-lambang bahasa yang dipahami oleh penulis atau orang lain yang menggunakan bahasa yang sama dengan penulis.

Stephen King, salah satu penulis terkenal Amerika Serikat, berpendapat bahwa menulis merupakan kegiatan kreatif dimana seseorang tidak hanya mengarahkan pengetahuan, kekuatan dan kemampuannya, tetapi juga seluruh jiwa dan semangat hidupnya.

Prestasi dan Penghargaan

Dari sejumlah artikel yang saya terbitkan di berbagi jenis media/majalah, seperti Media Indonesia, kumparan, majalah PR Indonesia dan kompasiana. Prestasi menulis yang saya raih antara lain, juara 1 pageviews tertinggi pada lomba ASN menulis di media kumparan.com (2021), juara 3 menulis esai kategori pranata humas, Iprahumas Indonesia (2021), dan juara 3 Call for Paper Komunikasi dan Kehumasan Tingkat Nasional (2021). Sampai yang terkini saya meraih penghargaan menjadi pemenang fellowship program 2023 dari majalah PR Indonesia.

Berkah Menulis

Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman menulis dapat membawa berkah bagi ASN dan masyarakat. Dari pengalaman saya menulis dapat memberikan manfaat bagi ASN, antara lain, Pertama. Berbagi pengetahuan dan pengalaman. Dengan memiliki keterampilan menulis, Anda dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki. Tulisan Anda bisa menjadi referensi dan motivasi bagi rekan-rekan ASN lainnya.

Kedua. Dikenal khalayak. Dengan memiliki keterampilan menulis artikel, KTI dan buku, Anda bisa dikenal publik dari tulisan-tulisan yang Anda buat. Bahkan bisa diundang menjadi narasumber. Ketiga. Reputasi dan Prestasi. Dengan memiliki keterampilan menulis artikel, KTI dan buku dapat meningkatkan reputasi bagi ASN tersebut, terutama untuk naik jenjang, pangkat dan jabatan serta uji kompetensi. Prestasi dalam menulis juga dapat diakui oleh pimpinan dan rekan kerja.

Keempat. Pengembangan diri. Menulis memaksa ASN untuk memahami topik secara lebih mendalam. Proses melibatkan riset dan analisis, yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi ASN.

Kelima. Memengaruhi. Tulisan ASN dapat memengaruhi opini publik dengan menulis, ASN dapat menyampaikan inforamasi terkait isu-isu penting, terkini dan membangun kesadaran masyarakat. Keenam. Dokumentasi. Menulis dapat membantu ASN dalam mendokumentasikan setiap kegiatan, proses kerja dan pengalaman kerja.

Menulis Salah Satu Kunci Sukses Bagi ASN

Dengan ASN memiliki keterampilan menulis, baik itu menulis artikel, KTI dan buku akan mendatangkan kesuksesan bagi karier ASN. Dari pengalaman saya memiliki keterampilan menulis, alhamdulillah saya diundang sebagai narasumber, dan naik jenjang ke pranata humas ahli madya, yang merupakan jenjang tertinggi dari jabaran fungsional pranata humas. 

Bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan rekan-rekan ASN, jangan pernah takut untuk mencoba belajar menulis. Dengan kita memiliki keterampilan menulis akan mendatangkan manfaat yang cukup besar seperti yang telah saya sampaikan diatas. Anda harus memiliki kemauan dan kemampuan menulis karena akan berpengaruh dengan karier Anda sebagai CASN atau ASN. Sebagai ASN keterampilan menulis merupakan salah satu kunci sukses bagi karier ASN.

Keterampilan menulis memerlukan latihan dan kesabaran. Menulis juga dapat menambah pengetahuan khususnya untuk diri sendiri, dan orang lain. Semoga dari pengalaman saya ini dapat memberikan motivasi dan manfaat. Ayo mulai menulis !

#ASNPunyaCerita

 

Bagikan :
Tag :
-