Langkah Kecil Berdampak Besar, Mari Ikut Sukseskan Indonesia Zero Emisi 2060

Gambar sampul Langkah Kecil Berdampak Besar, Mari Ikut Sukseskan Indonesia Zero Emisi 2060

Beberapa tahun terakhir Indonesia mulai merasakan perubahan iklim yang cukup ekstrim, jika sebelumnya musim hujan di Indonesia berlangsung dari bulan Oktober-April tapi di tahun 2022 misalnya di beberapa di Indonesia di bulan Mei-Juni masih mengalami musim hujan. Hal ini terjadi karena perubahan Iklim Ekstrim yang tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di dunia. Ada beberapa penyebab diantaranya peningkatan gas rumah kaca (GRK), GRK yang meningkat akan mempercepat pemanasan global yang tanpa kita sadari berdampak tidak hanya pada Perubahan iklim ekstrim tetapi juga berdampak pada bencana alam (longsor,banjir salah satunya karena peningkatan muka air laut) serta berbagai wabah dst. Yang pada akhirnya juga berimbas kepada penurunan sektor perekonomian.

Jika saya memimpin Indonesia saya akan memberikan 2 macam Solusi yang bisa dilakukan, yakni dari Lingkungan sekitar dan Pemerintah. Solusi dsei lingkungan sekitar bisa berawal dsri diri sendiri dan lingkungan tempat tinggal. Kegiatan yang dapat dilakukan dari lingkungan sekitar misalnya melibatkan RT,RW serta ibu-ibu PKK dan anggota Karang Taruna. Tujuan melibatkan lingkungan sekitar adalah untuk mengedukasi tentang pentingnya kesadaran bahwa perubahan Iklim ekstrim ini akan berdampak panjang sehingga harus dilakukan tindakan pencegahan agar dampaknya tidak semakin buruk. Selain memberikan edukasi juga diperlukan pelatihan-pelatihan diantaranya pelatihan memanfatkan barang-barang bekas. Mengurangi sampah dengan cara mendaur ulang barang-barang juga selain bisa mengurangi sampah juga bisa lebih menghemat pengeluaran pembelian barang-barang baru bahkan jika kreasi barang-barang daur ulang bagus bisa dijual sehingga menambah penghasilan masyarakat. Solusi lainnya adalah dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang bagaimana cara bercocok tanam di lahan yang terbatas, misalnya dengan cara hidroponik,hal tersebut memiliki banyak manfaat diantaranya penghijauan,produk yang dihasilkan misalnya sayur-sayuran selain dapat dikonsumsi sendiri juga dapat dijual sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.

Solusi selanjutnya dari Pemerintah. Pemerintah juga memiliki peran penting diantaranya jika ingin masyarakat menggunakan transportasi publik hendaknya pemerintah/pemda memberikan kenyamanan baik dari segi alat transportasi, rute dan pemberhentian juga kenyamanan di ruang publik misalnya dengan benar-benar memberikan ruang untuk pejalan kaki sehingga bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Pemerintah juga dibutuhkan untuk menciptakan ruang dan akses untuk masyarakat berjualan dari hasil daur ulang, hasil pertanian dll, bisa lewat Pemda yang akan bekerja sama dengan UMKM dst. Pemerintah juga dapat menggerakan para ASN/Pejabat Publik untuk lebih menggunakan barang-barang daur ulang dimana juga akan menaikkan perekonomian Indonesia. Dengan Kerjasama masyarakat dan juga Pemerintah selain dapat meminimalkan efek perubahan iklim ekstrim juga diharapkan tahun 2060 Net Zero Emmisions dapat terwujud. Sekian essai dari saya terima kasih atas kesempatannya.

Bagikan :