Jika saya memimpin Indonesia: Indonesia Menuju Negara Maju

Gambar sampul Jika saya memimpin Indonesia: Indonesia Menuju Negara Maju

Negara Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dari sekian banyak negara berkembang di dunia. Hal ini karena Indonesia memiliki beberapa ciri dari negara berkembang yaitu angka pertumbuhan penduduk yang tinggi; angka pendapatan per kapita yang masih rendah; tingginya angka impor dibanding ekspor; tingginya angka pengangguran; lebih mengandalkan sektor primer di mana mata pencaharian berfokus pada pertanian, pertambangan, dan nelayan; minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi; serta kualitas sumber daya manusia yang rendah.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik mengenai perekonomian Indonesia yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita dari tahun 2018 hingga 2022 secara berurutan adalah sebagai berikut Rp56,0 Juta, Rp59,1 Juta, Rp56,9 Juta, Rp62,2 juta, dan Rp71,0 juta. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa perekonomian Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya kecuali pada tahun 2020.

Untuk menuju negara maju dari negara berkembang, Indonesia harus melakukan perubahan secara nyata dan besar-besaran. Akan tetapi, hal itu tentunya perlu waktu yang cukup lama. Agar terwujudnya Indonesia menjadi negara maju perlunya kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat. Selain berusaha meningkatkan angka pendapatan per kapita, ada beberapa hal yang perlu dilakukan suatu negara untuk menuju negara maju, seperti mengecilkan angka pertumbuhan penduduk, angka pengangguran, mengurangi impor dan meningkatkan ekspor, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sebagai seorang pemimpin, saya mendukung UMKM para masyarakat .Saya akan mengadakan bantuan dalam hal modal dan membuat program untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja seperti mendirikan pusat-pusat latihan kerja.

Pesatnya perkembangan teknologi mengharuskan semua orang untuk memakai teknologi terutama para UMKM. Program “Digital Entrepreneurship” berisikan bimbingan dan pelatihan bagi para UMKM seperti meningkatkan kreatifitas yang berinovasi; membuat model canvas; dan ilmu marketing tertutama digital marketing seperti SEO, iklan online, marketing melalui konten media sosial dan email, dan analisis data.

Saya juga akan mengevaluasi serta meningkatkan pelayanan publik dengan memperhatikan kepatuhan terhadap Undang-undang pelayanan publik, mencontoh unit pelayanan publik yang lebih baik, dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberikan dampak bagi masyarakat. Untuk meningkatkan pelayanan publik dapat

dilakukan dengan pemenuhan aturan penyelenggaraan pelayanan publik, meningkatkan kualitas SDM pegawai, pemenuhan sarana dan prasarana, dan pemanfaatan teknologi informasi.

Pemenuhan sarana dan prasana seperti perbaikan jalan secara menyeluruh di Indonesia; peralatan kesehatan; laboratorium; alat transportasi umum; sekolah dan keperluan sekolah; sarana dan prasarana untuk kelompok rentan seperti guiding block, alat bantu tunarungu/tunanetra, ruang lataksi, toilet khusus, parkir dan lift khusus, selasar khusus, dan pintu mudah diakses.

Sedangkan untuk peningkatan kualitas SDM pegawai dengan cara displin, membantu, merespon dengan cepat, dapat dipercaya, menawarkan solusi, mendengar, fokus, ramah, sabar, dan senyum. Sehingga masyarakat juga mampu membatu utnuk membuat Indonesia menjadi negara maju

Menjadi negara maju bukanlah hal yang mudah dan singkat. Adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat yang baik dapat membuahkan hasil yang baik untuk kedepannya bagi Indonesia. Saya akan mengadakan modal dan pelatihan untuk UMKM dan mengevaluasi serta meningkatkan pelayanan publik terutama dalam hal sarana dan prasarana.

Sedangkan untuk masyarakat, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan dan memeberi saran dan kritikan sehingga saya dan para pegawai lainnya dapat mengevaluasi segala kekurangan untuk membuat Indonesia menjadi negara maju.

Bagikan :