Cerita Dari Tempat Dinasku : Bersyukur Menjadi Jurnalis Portal Berita Dinas

Gambar sampul Cerita Dari Tempat Dinasku : Bersyukur Menjadi Jurnalis Portal Berita Dinas

Ini cerita dari tempat dinasku

Satu kata yang selalu saya ucapkan ketika di tempat tugasku yang sekarang adalah Bersyukur.

Bersyukur akan banyak hal, kesempatan dan pengalaman berharga yang didapatkan di tempat kerja.

Bersyukur

Meski butuh waktu panjang selama 10 tahun dari pekerja honorer hingga diangkat menjadi pegawai ASN tentunya harus disyukuri karena untuk menjadi ASN tentunya melalui proses yang tidak mudah, penuh tantangan namun banyak pengalaman bekerja yang didapat selama menjadi pegawai honorer terutama dari segi disiplin dan pekerjaan yang dilakukan.

Bersyukur

Karena setelah perjalanan panjang akhirnya saya dipindahtugaskan ke dinas dan tidak lagi bekerja di sekolah. Bukan naik level tapi mendapatkan lagi pengalaman baru setelah 20 tahun bekerja di sekolah. Bersyukur karena dikasih kesempatan pindah ke tempat yang cakupannya lebih luas.

Bersyukur

Berada di tempat dinas yang sekarang karena di awal kepindahan ditempatkan di bidang yang menangani perencanaan. Banyak belajar dari pimpinan maupun rekan-rekan yang bekerja luar biasa namun memiliki rasa yang hangat layaknya keluarga. Fokus ketika bekerja namun diluar pekerjaan seperti layaknya keluarga dan saling support satu sama lain terutama ketika salah satu tertimpa musibah.

Bersyukur

Ini adalah yang terpenting ketika mendapat kepercayaan untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Mengelola portal berita dengan kata lain menjadi jurnalis portal berita media dinas tempat saya bekerja.

Bukan tugas yang mudah dan tantangan baru karena harus menyampaikan informasi setiap harinya di portal berita. Terbiasa menulis artikel tentunya berbeda dengan ketika menulis berita.

Bersyukur

Mempunyai pimpinan yang menganggap penting media dinas dalam hal ini portal berita, media sosial (Instagram dan tiktok) serta youtube sebagai sarana menyampaikan informasi-informasi terkait pelaksanaan kebijakan maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dinas tempat saya mengabdi. Tentunya keberadaan tim media ini sejalan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah yang pada latar belakang peraturan tersebut tertulis diperlukan upaya-upaya kreatif (dalam hal ini media) untuk menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah sesuai dengan institusi/lembaga masing-masing kepada publik serta menampung kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi pemerintah. Dan pimpinan tempat saya bernaung sangat paham akan pentingnya keberadaan media maupun tim dokumentasi sebagai sumber informasi dinas.

Bersyukur

Menjadi jurnalis membuat saya yang dulu bekerja di sekolah kemudian terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk kemudian saya explore hal-hal positif di sekolah seperti impelementasi kebijakan Pendidikan baik yang dibuat oleh kementrian maupun oleh Dinas setempat. Jarak sekolah yang jauh termasuk di pelosok bukan halangan bagi saya untuk memberitakan hal-hal positif dari sekolah. Saya justru lebih bersyukur karena ketika saya terjun langsung di lapangan, saya melihat langsung semangat anak-anak untuk menimba ilmu.

Bersyukur

Ketika saya mengikuti beberapa siswa saat pulang sekolah ke rumahnya yang jauh bahkan di kaki bukit namun mereka bisa berprestasi. Waktu tempuh perjalanan naik kendaraan umum hingga jalan kaki tidak menyurutkan langkah mereka menimba ilmu. Rasa syukur karena saya mendapatkan semangat baru dari mereka karena melihat semangat mereka saat menuju maupun pulang sekolah. Rasa syukur karena ditengah keterbatasan ekonomi tapi selalu berusaha membuat orang tua bahagia dengan sekolah yang rajin bahkan berprestasi.

Bersyukur

Karena sekolah-sekolah yang telah saya datangi ternyata mempunyai guru-guru yang kreatif dan mempunyai inovasi-inovasi baru sehingga anak menjadi menyenangkan ketika belajar di kelas. Bersyukur karena saya melihat langsung kebahagiaan dan senyuman anak-anak dari berbagai sekolah saat menerima materi dari gurunya meski itu sekalipun pelajaran matematika.

Bersyukur

Karena dinas tempat saya mengabdi membuat kebijakan Pendidikan karakter salah duanya tentang menjaga kelestarian lingkungan dan pengenalan akan budaya daerah. Bersyukur karena saya melihat langsung implementasi kebijakan Pendidikan tersebut. Melihat anak bercocok tanam dan merawat apa yang mereka tanam saat istirahat maupun pulang sekolah dan hasil dari yang ditanam kemudian mereka oleh untuk mereka makan ataupun dibagikan ke masyarakat sekitar. Melihat mereka menjaga dan merawat lingkungan sekolahnya. Melihat mereka mempelajari teknologi yang kemudian menghasilkan produk alat menyiram tanaman dan masih banyak lagi aktivitas-aktivitas positif yang dilakukan guru maupun siswa di sekolah.

Bersyukur melihat kembali permainan saat saya kecil kemudian dilakukan kembali oleh siswa saat ini di sekolah, belum lagi praktik mengenal dan membuat makanan sehingga mereka tidak lupa akan akar budaya dan kuliner khas daerah mereka. Menyaksikan mereka bermain berkelompok bersama teman-temannya dan lagi lagi saya melihat senyuman dan kebahagiaan dari mereka saat bermain.

Bersyukur

Benar-benar terjun langsung ke lapangan dan mendapatkan pengalaman dan moment-moment menyenangkan. Kesempatan yang hanya saya bisa dapatkan di tempat saya mengabdi dan  belum tentu bisa saya dapatkan kembali kesempatan itu dikemudian hari.

Masih banyak tantangan dan hal-hal baik yang akan didapat ketika mengabdi sebagai ASN dan tentunya harus dilaksanakan sebaik mungkin. Tidak lupa untuk selalu bersyukur akan setiap langkah dalam melaksanakan tugas yang diemban apalagi jika memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Bagikan :