ASN Festival 2024: Komunitas ASN Muda Bincang Soal IKN

Gambar sampul ASN Festival 2024: Komunitas ASN Muda Bincang Soal IKN

Jakarta (Abdimuda) --- ASN Festival merupakan agenda tahunan yang diprakarsai Yayasan Abdimuda Indonesia Cendekia. Penyelenggaraan tahun ini berkolaborasi dengan Kantor Staf Presiden yang mengusung tema “Gerakan Bangun Nusantara.”

Inisiator Abdimuda M. Affin Bahtiar mengatakan ASN Festival 2024 adalah sebuah wadah aspirasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) muda kepada masyarakat Indonesia mengenai transisi dan transformasi ibukota dari Jakarta menuju Nusantara. Perpindahan tersebut menjadi momentum bersejarah yang melibatkan ASN muda sebagai generasi perintis.

“Pelibatan ASN dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) berkontribusi untuk memberikan suara dan aspirasi mengenai pemindahan ibukota. Terutama mengingat dampak yang langsung akan dirasakan oleh ASN sebagai bagian integral dalam sistem,” ujar Affin di Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

“Oleh karena itu, ASN Festival menjadi wadah bagi ASN untuk menghilangkan kegelisahan dan kekhawatiran, khususnya mereka yang akan pindah ke IKN,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Affin mengungkapkan bahwa Abdimuda juga menyusun policy brief terkait IKN berdasarkan focus group discussion dengan kementerian, lembaga, akademisi, dan LSM yang kompeten di bidang masing-masing. Setelah itu, policy brief tersebut dianalisis dan disempurnakan untuk kemudian diadvokasikan kepada menteri-menteri terkait.

“Secara langsung maupun tidak langsung, aspirasi ASN telah disampaikan sehingga harapannya dapat diimplementasikan di IKN untuk menghilangkan keresahan tersebut,” katanya.

“Kami berharap melalui ASN Festival 2024 ini dapat semakin mendiseminasikan fakta bahwa IKN adalah harapan bangsa, terutama harapan masa depan Indonesia,” pungkasnya.

Rangkaian ASN Festival 2022 terdiri dari diseminasi policy brief dengan tema ‘Kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam rangka perpindahan ASN’, nonton barengan dan talkshow film ‘Orang Utan dan Masa Depan Ekosistem IKN’, penyerahan policy brief dari AbdiMuda kepada KSP dan para menteri terkait, serta deklarasi kesepahaman ASN AbdiMuda untuk IKN.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi IV KSP Wandy N. Tuturoong, Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimudin, Deputi Bidang SDM Aparatur, KemenPanRB Aba Subagja, Tenaga Ahli Utama KSP Ratna Dasahasta, dan pengisi acara lainnya.

(Abdimuda)

Bagikan :