ASN dan IKN, Semangat Berjuang di Tanah Harapan

Gambar sampul ASN dan IKN, Semangat Berjuang di Tanah Harapan

Meskipun tahun 2005 sudah lama berlalu. Tetapi penulis masih ingat salah satu syarat menjadi abdi negara adalah menandatangani surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia bahkan luar negeri. Ada rasa ketar ketir saat menandatangani surat bermaterai itu. Apalagi saat itu penulis sudah berkeluarga. Namun melihat kenyataan pada senior tidak ada yang ditempatkan jauh membuat penulis yakin surat pernyataan tersebut hanyalah sekedar formalitas.

Dan benar penulis ditempatkan bekerja di kota tempat penulis mendaftar. Tidak ada masalah berarti dalam menjalankan pekerjaan.

Tapi seiring waktu berlalu, pemerintah membuat kebijaksaan membuat ibukota baru di Provinsi Kalimantan Timur yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Kepindahan ibukota tentu saja menyertakan abdi negara didalamnya.

Sebagai ASN pemerintah pusat mendadak ada rasa takut. Mungkinkah penulis akan ikut serta dalam kepindahan itu? Hidup dirantau bukanlah sebuah perkara mudah meskipun pemerintah menjanjikan akan adanya tunjangan khusus. Dikutip dari www.ayobandung.com  Menariknya, PNS pertama yang pindah ke IKN akan mendapatkan tunjangan khusus dari pemerintah. Insentif khusus yang dimaksud adalah pemberian tunjangan pionir terhadap PNS.

Hidup di tanah rantau bukan hanya dialami oleh ASN pemerintah pusat. Para transmigran dan buruh migran pun mengalaminya. Tidak ada salahnya sejenak melihat kehidupan mereka lewat tayangan youtube yang sekarang ini marak. Para transmigran yang berbekal jatah hidup sembako dan tanah yang butuh perjuangan untuk mengolahnya, tidaklahlah lelah untuk terus berusaha. Tidak ada tunjangan khusus yang membuat mereka bisa pulang kampung kapan saja. Layaklah mereka jika mendapat gelar pejuang pangan.

Begitu juga para buruh migran yang harus berjuang di rantau berbekal uang sendiri. Mereka tidak lelah demi harapan penghidupan yang baik di masa depan. Pantaslah jika mereka mendapat gelar pejuang devisa.

Bukan membandingkan, tetapi tidak ada salahnya kita melihat ke bawah agar lebih mensyukuri hidup. Apalagi untuk menjadi ASN kita sudah berjuang mengalahkan banyak pesaing lainnya.

Semangat berjuang di tanah harapan IKN buat ASN yang terpilih. Semoga negara kita semakin sejahtera yang berarti kehidupan ASN pun akan semakin sejahtera. 

#ASNPunyaCerita

Sumber referensi : www.ayobandung.com

Bagikan :